Yayasan Abhipraya turut serta dengan PP Aisyiyah yang bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak melakukan edukasi gizi di Provinsi Lampung dengan fokus pada 3 wilayah Kabupaten yakni Lampung Tengah, Pringsewu, dan Pesawaran.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, angka stunting di Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar 21,5 persen, hanya turun 0,1 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 21,6 persen, masih jauh dari target yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 14% di 2024.

Provinsi Lampung diketahui menunjukkan kemajuan signifikan dalam upaya mengurangi angka stunting. Pada tahun 2019, angka stunting di provinsi ini tercatat sebesar 26,26%. Namun pada tahun 2023, angka tersebut berhasil turun menjadi 14,9%.

Edukasi gizi memegang peranan kunci dalam upaya pencegahan stunting. Pengetahuan tentang gizi yang baik dan benar, terutama bagi ibu hamil dan menyusui, serta anak usia balita, sangatlah penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal.

Upaya edukasi gizi di Lampung diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi dan mendorong perubahan perilaku yang lebih sehat. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada penurunan angka stunting di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

English EN Indonesian ID