SI GULA JAHAT

Gisya adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun dan memiliki imajinasi yang tinggi hal ini karena seringnya Gisya bermain sendiri.

Ya…Gisya adalah anak satu-satunya sedangkan Ayahnya yang sibuk bekerja hampir tidak ada waktu untuk menemani Gisya bermain,sedangkan Ibu Gisya walaupun dirumah saja tapi tetap sibuk mengerjakan pesanan kue dan sop buah pesanan tetangga dan teman-temannya.

Gisya mempunyai teman khayalan namanya Pipo,sosok Pipo digambarkan dalam imajinasi Gisya adalah makhluk manis,lucu bermata besar dan mempunyai sayap.

Gisya sering sekali berkeluh kesah dengan Pipo dan Pipo pun hampir selalu menyertai kemanapun Gisya pergi bahkan sering menolong saat Gisya kesulitan.

“Gisyaaaa……..!” lengkingan suara ibu membuyarkan khayalan Gisya yang 

sedang bermain dengan Pipo. 

“ Iya kenapa Ibu?” jawab Gisya.

“Ayo minum susu sayang…Ibu baru belikan lagi nih yang baru bukan yang kemarin, ayo kamu coba ya biar kamu minum susu yang benar-benar sesuai kandungan gizinya buat kamu…” bujuk Ibu kepada Gisya yang memang tidak menyukai susu.

 “Aku nggak mau ibu…aku maunya susu itu!” ucap Gisya sambil menunjuk susu kental manis yang ada di meja. 

“Gisya sayang…itu bukan susu,itu hanya untuk pelengkap saat ibu membuat kue dan sop buah.” Ibu menjelaskan.

“Pokoknya aku nggak mau bu…nggak mau….!” teriak Gisya sambil berlari menuju kamarnya. 

Sesampainya di kamar Gisya langsung menjatuhkan tubuhnya ke tempat  tidur dan langsung berada dibawah selimut takut Ibunya tetap memaksa untuk minum susu. 

 

Gisya terbangun dan tersadar bahwa dirinya bukan berada dirumahnya apa lagi di kamarnya tempat yg sangat nyaman menurut Gisya.

 “Wah…tempat apa ini?? kok aku baru lihat…” Gisya bergumam sendiri sambil melihat sekitar.

  “ Hai Gisya…” terdengar suara Pipo yang sedikit berbisik.

 “ Pipo….untung ada kamu,aku bingung nih kita lagi ada dimana sekarang..?” Gisya kebingungan. “Sekarang kita lagi ada di dunia mimpi Gisya…tadi kamu tertidur dan masuk ke dunia mimpi ini.” jelas Pipo.

 

Suasana dimana Gisya dan Pipo berada memang agak aneh langitnya berwarna ungu dan banyak terdapat bulatan-bulatan beterbangan serta banyak juga permen dan semacam gulali yang beterbangan di langitnya . Tiba-tiba terdengar suara dentuman keras namun seperti langkah kaki.

 “Suara apa itu Pipo? Aku takut…!” suara Gisya sedikit ketakutan .

 “Aku tidak tau Gisya…kamu tenang saja ya,aku akan melindungi kamu.” Ucapan Pipo menenangkan Gisya.

 “Huaahaahaaa….minggir semua!!” suara menggelegar terdengar sangat jelas dan menakutkan, sosok besar dan menyeramkan muncul di hadapan Gisya dan Pipo. 

“Hei siapa kamu?” teriak Pipo kepada sosok menyeramkan itu. 

“Hahahahhaa…..aku adalah Si GUJA….Si Gula Jahat yang ada didalam susu kental manis yang sering diminum oleh banyak anak-anak yang menyukai rasa manis minuman susu kental manis… Hahahaaa!” jawab sosok menyeramkan itu. 

Ya…sosok itu adalah gula jahat yang terkandung didalam minuman Susu Kental Manis ( SKM ). Mengapa disebut gula jahat? Karena kandungan gula didalam SKM sangat tinggi bisa mencapai 40 bahkan sampai 54 gram.

 “ Huhuhuu…..aku takut Pipo…mengapa ada mahluk jahat didalam minuman yang aku suka…” tangis Gisya tak tertahankan. 

 

Ya Gisya memang sangat menyukai minuman susu kental manis bahkan Ibu Gisya sudah sering menasehati dan meminta Gisya untuk menghentikan kebiasaannya dan meminum susu bubuk yang kandungan gizinya memang tepat dan baik untuk pertumbuhan anak usia dini seperti Gisya. “ Iya..iya…tenang dulu ya Gisya aku akan selalu berusaha menjaga dan melindungi kamu…” Pipo berusaha keras menenangkan Gisya yang ketakutan. 

“ Hei kamu! nama kamu Gisya ya dan aku tahu kalau kamu sangat menyukai minuman susu kental manis itu…Hahahahaa! Ayo ikut !!” Suara Guja mengejutkan Gisya dan Pipo. 

“Mau apa kamu…mengapa kamu mau membawa temanku ?” cegah Pipo sambil menahan tangan Gisya yang ditarik oleh Si Guja. 

“Lihatlah kesini aku tunjukan…ini adalah anak-anak yang ikut dengan ku, anak-anak ini sangat menyukai aku Si Guja yang terkandung didalam Susu Kental Manis, anak-anak ini akan mengalami obesitas tubuh mereka terlihat besar kan? Hahahaa….tapi kalian tau tubuh mereka besar tapi tidak ada gizi yang baik justru banyak dari mereka yang sampai menderita sakit diabetes akibat sangat tingginya kandungan gula di dalam minuman kental manis itu…Hahahahaa” penjelasan Guja semakin membuat Gisya menangis. 

“Sudah…sudah cukup Guja! Baiklah aku mengerti itulah sebabnya mengapa susu kental manis tersebut bukanlah susu seperti yang Ibumu sering katakan Gisya, kalau susu kental manis itu diperuntukkan sebagai pelengkap kue atau sop buah yang sering Ibu buat, bukan untuk diminum apalagi dianggap sebagai susu yang seharusnya mengandung gizi yang lengkap dan baik untuk pertumbuhan anak-anak seusia kamu Gisya.” Pipo berusaha menyadarkan Gisya,

 “Iya Pipo sekarang aku sadar kalau minuman yang aku sering minum itu tidak baik buat kesehatan bahkan bisa mengakibatkan penyakit yang serius buat aku ya Pipo…mulai sekarang aku janji aku akan meminum yang benar-benar susu dan mengandung gizi yang seimbang dan bagus untuk pertumbuhan anak seusia aku Pipo.” Ungkapan penyesalan Gisya terdengar sangat jelas.

 

Gisya pun terbangun dari tidurnya Gisya menyadari bahwa tadi dirinya bermimpi dan mimpinya itu membuat Gisya bertekad akan merubah kebiasaannya minum susu kental manis dan akan meminum susu yang diberikan Ibunya, tentunya susu bubuk yang tidak mengandung gula berlebih yang justru akan membuat anak-anak mengalami obesitas dan penyakit diabetes, dialah si gula jahat.

 

                                                                    S E L E S A I

 

– Anggi  Puspita Rengganis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top