PLANET SKM (Susu Kental Manis)

“Haiii Re ..noo”….suara seperti robot membuat Reno menutup kedua telinga namun matanya terbelalak melihat makhluk asing, dengan tinggi bandan sama dengannya namun ukuran badannya besar. Reno semakin takut saat makhluk bersuara robot itu tersenyum …hiiii…giginya hitam dan ompong dibagian depannya.

Ssssiiaapa kamu?tanya Reno ketakutan. Reno menarik selimut menutup kepalanya. “Jangan mengganggu aku…”teriak reno.

“Ja-ngan ta-kut Re-no”namaku Ta-tu..kata makhluk asing itu 

‘Aku takut melihat tubuhmu,aku takut suaramu”hiks hiks Reno menangis. Saat Reno menangis Tatu menekan tombol biru di bagian depan tubuhnya. Dan ternyata itu tombol untuk mengubah suara.

‘Reno…dengarkan suaraku sudah berubah…..coba dengarkan…”kata Tatu.”Ayolah Reno jangan takut ..aku akan jadi temanmu yang menyenangkan” kata Tatu lagi.

Reno menyingkapkan selimutnya, dan memandangi Tatu yang akan menjadi teman barunya. “Mengapa kamu masuk kekamarku Tatu”Tanya Reno. Aku takut…lanjut Reno

“Aku akan menemani teman-teman yang sedang bersedih,melamun,dan sedang marah. Memangnya apasih yang membuatmu sedih dan marah Reno? Tanya Tatu

Reno menjelaskan kalau tadi siang saat sedang membuat es campur kesukaannya ,ibu melarangnya menggunakan susu kental manis terlalu banyak. Kata ibu susu kental manis itu terlalu banyak mengandung gula,tidak baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Karena didalam es campur juga sudah ada sirupnya, dan sirup juga sudah mengandung gula. Jadi kata ibu hanya boleh menambahkan Susu kental manis secukupnya saja. Reno rupanya kesal dan marah pada ibunya,sampai akhirnya melamun dan tidak bisa tidur.

‘Ooh rupanya kamu marah dan kecewa ya Reno….?tenang aku akan mengajakmu jalan-jalan ke Planet SKM ya…dan pasti kamu akan senang..”Tatu meyakinkan Reno

“Aku tidak mau…aku takut…dimana planet itu Tatu…pasti jauh ya…?tanya Reno. 

“Tidak usah takut Reno..kamu tinggal pegang tanganku saja ,dan kita akan terbang…terbang ke angkasa yang luas menuju Planet SKM…Ayo Reno bersiaplah….’Ajak Tatu sambal meraih tangan Reno. “Tapi aku takut ibu akan mencari aku Tatu..”Kata Reno cemas. “Tidak usah takut ayolah sebentar saja Reno”….”…Wuuussshh….merekapun terbang lewat jendela kamar….

“Tatuuu…..aaaww….Tatuuuu….” mereka terbang meliuk liuk…berputar…seperti layang-layang yang sedang terbang tertiup angina . Dn tidak lama kemudian Reno dan Tatu akhirnya sampai di Planet SKM.

‘Waaaahhhh…banyak makanan dan minuman kesukaanku Tatu..!!Reno senang sekali…ada Jasuke,jagung susu keju Tatuuu…waaww….banyak sekali susu kental manisnya….Ada martabak manis,pisang coklat susu, roti bakar ,dan…lihat Tatu es campur kesukaanku….wah asyikk banyak susu kental manisnya….”Reno senang sekali….

‘Reno lihatlah ada kaleng susu kental manis besar sekali….”Tatu menunjuk kaleng Susu Kental Manis menyerupai tabung raksasa. “Ada dua kaleng besar warna coklat dan warna putih Kamu bias mengambilnya sesuka hatimu Reno ,tinggal buka kran nya saja”kata Tatu

‘Aku senang sekali berada disini Tatu, bisa menikmati susu kental manis sepuasnya” Terimakasih Tatu. Reno mengambil gelas dan membuka kran kaleng susu kental manis coklat, kemudian ditambah  air setengah gelas lalu diaduk dengan sendok. Hmmm enaak…”kata.Reno minum susu kental manis coklat. 

Reno tidak jadi menambah minumannya. Reno mengamati penghuni planet tersebut,mengapa anak-anak disini gemuk-gemuk dan giginya tidak putih seperti giginya, malah ada yang hitam dan ompong. Reno teringat pesan ibu bahwa makan makan  yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik untuk kesehatan dan perkembangannya. Anak-anak di planet ini setiap saat selalu makan makanan manis, minum minuman yang juga manis.  Bahkan susu kental manisnya dijadikan minuman seperti susu . Padahal Susu Kental Manis bukan susu . Jadi tidak boleh dikonsumsi berlebihan,hanya sebagai penambah rasa saja. Pantas saja tubuh mereka gemuk. Dan juga gigi anak-anak di planet ini hitam ompong tidak bagus seperti gigi Reno yang terawat karena rajin menggosok gigi. 

“Tatu..antarkan aku pulang kerumah lagi….ayo Tatu ayo….”kata Reno menarik tangan Tatu.

“Aku tidak bisa mengantarkan mu lagi Reno, karena kamu tidak mau minum Susu Kental manis lagi seperti” Tatu terbang meninggalkan Reno.

“Tatu…Tatu antarkan aku pulang…hiks hiks..hiks…”Reno menangis 

Ibu yang sedang menyiapkan sarapan pagi didapur  mendengar suara tangisan Reno. Lalu menghampiri kamar Reno. “Reno..Reno…ayo bangun sayang…sudah pagi…kenapa menangis,kamu bermimpi ya?tanya ibu.

Reno memeluk ibu,karena menyesal kemarin siang marah dan kesal pada ibu. Padahal ibu bermaksud baik supaya Reno  pertumbuhan dan perkembangan tubuhny baik. Dan Reno jadi anak yang sehat dan cerdas karena mendapat asupan gizi seimbang.

 

                                                                                                      

– R Dewi Rini Syariefah                                                                                                    

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top