PENDIDIKAN GIZI DI PAUD

Aku dilahirkan dari seorang ibu yang sehat cerdas dalam menyikapi asupan gisi agar tumbuh kembang dengan baik dan optimal. Saat aku dilahirkan tumbuh kembangku sebenarnya merupakan proses yang berbeda namun keduanya tidak berdiri sendiri, tetapi  saling berkaitan satu sama lainnya. Pertumbuhan badanku merupakan bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, yang berjumlah banyak sehingga dapat diukur dengan menggunakan satuan panjang, satuan berat dan ukuran kepala. Sedangkan perkembangan badanku bertambah kemampuan struktur fungsi tubuh yang lebih komplek, biasanya pengukuran dapat dilakukan dengan menggunakan skrining perkembangan melalui instrumen stimulasi deteksi dini tumbuh kembang anak.

Kebutuhan dasar badanku untuk tumbuh kembang dapat terpenuhi diantaranya ;

  1. Kebutuhan fisis-biomedis ( asuh )
  2. Kebutuhan kasih sayang/emosi (asih)
  3. Kebutuhan stimulasi / latihan / bermain (asah)

Oleh karena itu, dalam membesarkanku ibu memahami betul makna asuh, asih asah agar aku mencapai tumbuh kembang optimal.

Air susu ibuku membuat cairan biologis sangat komplek yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan seorang anak seperti aku. ASI disesuaikan dengan keperluan laju pertumbuhan saat aku bayi, dan terbiasa menyusu. Sehingga bisa membuat aku sehat rentan dengan penyakit sehingga aku tumbuh kembang dengan baik selain itu ASI juga mencerdaskan, buktinya aku bisa bercerita .  Setelah  ASI, ibu  memperkenalkan SKM ( Susu Kental Manis ) kepadaku.

 

Susu kental manis disingkat SKM, dikenal juga sebagai susu kental, susu kental manis terbuat dari susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. 

Aku kenal Susu Kental Manis rasa coklat yang terbuat dari susu sapi segar pilihan kaya kandungan Vitamin A, E dan B1, setelah dikemas di kaleng terlihat cantik, aman dan stiril. 

“ setelah masuk dalam tubuhku antara ASI dan SKM bertemu dan saling berkenalan “

ASI ; Hayyyyy kamu siapa 

SKM ; menjawab aku susu yang modern dan terkenal, masak kamu gak kenal seluruh dunia sudah tahu lo.

ASI ; Oh begitu

SKM ; aku sudah terkenal seluruh dunia karena fungsiku banyak untuk balita saat diminum setiap hari ! 

ASI ; Siapa bilang, setahu aku kebiasaan minum susu kental manis pabrikan setiap hari itu salah, karena bisa membahayakan kesehatan, disamping itu berbeda dengan susu sapi murni, SKM memiliki komposisi gula terlampau tinggi lo !

SKM ;  Ahhhhh kamu sok tahu, kamu saja gak punya pabrik kalau aku diproduksi di suatu tempat yang besar, bersih dan aku dikemas dalam kaleng ! mesti aman kok.

ASI ; Kalau aku diproduksi Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang dengan gratis, ekonomis, murah dijaga kebersihannya dan banyak fungsi dan Vitaminnya diantaranya ;

  1. ASI bisa mengurangi kadar stress

Karena mengandung triptofan yang menyebabkan produksi hormon serotin pada bayi menjadi tinggi. Disamping itu ASI kadar Mn (mangan) yang rendah sedang kamu (SKM) kadar Mnnya tinggi.

Tahu nggak Kadar Mn yang tinggi itu akan memblokir serotonin. Padahal serotonin dikenal sebagai zat anti stress, tahu nggak kata dr. Asti Proborini bilang begitu.

  2. ASI bisa membuat sang anak tak mudah memiliki emosi negatif

Menurut penelitian ahli gizi bayi yang mendapatkan ASI biasanya anaknya sabar tidak lekas marah dibanding bayi yang mendapat Susu Kental Manis. Tahu nggak bilamana dewasa nanti kalau dapat asupan ASI biasanya akan mempunyai karakter beda dengan anak yang mendapat asupan SKM. Ini ujar Dr. Paivi Merjonen dari Turki di Finlandia, keren kan.

   3. ASI bisa mencegah anak obesitas

Okayama University Graduate School of Medicine, Dentistry, dan Pharmaceutical Sciences, Okayama city anak yang minum ASI dapat menurunkan resiko OBESITAS hingga 50% pada usia 8 tahun jika ada riwayat keturunan dalam keluarga, sedang bayi minum ASI selama 6 bln  ( ASI Eksklusif) resiko obesita berkurang 15% dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI.

   4. Kandungan ASI itu menakjubkan lo

Menurut Mia susanto, konselor sekaligus Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)   bahwa ASI mengandung nutrisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral juga mengandung zat seperti gula dan garam, kedua zat tersebut dikandung dalam jumlah yang pas dan seimbang tak berlebihan, tidak seperti kamu SKM manisnya campuran membahayakan kesehatan dari dini. ASI merupakan living substance atau cairan hidup didalamnya terdapat sel, hormone, enzim. DNA, dan imuglobin yang mana zat tersebut membantu imunitas anak. Dengan ASI lebih jarang sakit walaupun si anak sakit akan cepat sembuh.

   5. Didalam ASI terdapat kandungan anti Kanker

Dalam kolostrum, ASI bisa mencapai jumlah 400 kali lebih tinggi dibanding darah dan protein yang bisa melawan sel kanker.

Menurut peneliti ASI mengandung Human Alpha Lactalbumin Made Lethal to Tumour diketahui bisa membunuh 40 jenis sel kanker dengan tidak merusak sel-sel yang sehat.

 

SKM ; Kamu cerdas banget, pinter ngomong belajar dari mana sih

ASI ; ya ia lahhh…….menurut buku yang kubaca bahwa ;

  1. Dalam 1 sendok SKM mengandung 5,5 lemak jenuh dengan kadar gula yang tinggi juga bisa mempengaruhi gula darah dan menaikkan berat badan sehingga berpotensi menimbulkan obesitas.
  2. Ketika SKM dikonsumsikan anak BALITA akan mengakibatkan gizi buruk.

SKM ; gak mungkin, karena aku dianggap minuman yang direkomendasikan untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan, dijamin HALAL, labelnya ada kok!

ASI ; aku sudah ikut webinar dengan ketua harian YAICI, Bapak Arif Hidayat dengan kang Maman yang difasilitasi oleh PP HIMPAUDI dan mengatakan sejak tahun 2018 menjadi Polemik, untuk itu kita telah menggencarkan sosialisasi edukasi Pemenuhan Gizi Anak, khususnya untuk bijak mengkonsumsi SKM. Selain untuk turut mendukung kampanye Pemerintah melalui pembatasan gula garam lemak, juga sebagai tindak lanjut Advokasi mengenai SKM yang ditemukan Balita Gizi Buruk saat mengkonsumsi SKM yang bisa mengakibatkan STUNTING.

 

ASI ; SELAMAT TINGGAL SKM JANGAN GANGGU ANAK USIA DINI INDONESIA YA. DAA……

SKM ; nyesel aku bisa ketemu ASI

 

Kesimpulan

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal memerlukan dukungan nutrisi dan stimulasi yang kuat.  Air Susu Ibu dapat memenuhi semua kebutuhan dasar anak untuk tumbuh dan berkembang baik dan optimal, baik kebutuhan fisis-biomedis (asuh), kebutuhan kasih sayang/emosi (asih), maupun kebutuhan akan stimulasi (asah).

 

 

– RENI SIHWILUJENG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top