MINUMAN YANG PALING DISUKAI RASULULLAH

Susu merupakan makanan yang sempurna, murni lengkap kandungannya, warna putih, rasa manis dan kandungannya kaya akan asam amino yang pokok, mineral seperti fosfor, tembaga, kapur, zat besi, vitamin A, B, D. Tetapi berbeda dengan Kental Manis rasa susu, dia adalah bahan penambah rasa untuk makanan dan minuman, bukan susu untuk pertumbuhan.

 

Pada pagi hari yang cerah, Ubay terbangun dan menghampiri ibu yang sedang memasak di dapur.

Ibu : Alhamdulillah anak Ibu sudah bangun, apakah semalam tidurmu nyenyak Nak?(semalaman hujan lebat dan genteng kamar ada yang bocor)

Ubay : Alhamdulillah nyenyak Bunda

Ibu : wah jam sudah menunjukkan jam 05.15 ayo segera mandi,shalat subuh dan lekas sarapan serta minum susunya yang sudah Ibu sediakan di atas meja ya

Ubay : baik Bunda

Ubay bergegas mandi dan setelah selesai shalat, Ubay menghampiri meja untuk mengambil susunya. Tetapi sebelum meminum susunya Ubay bertanya kepada Ibunya

Ubay : Bun kenapa kita harus minum susu setiap hari?

Ibu : karena susu merupakan asupan nutrisi yang penting bagi anak-anak dan agar hidup kita menjadi sehat

Ubay : apakah hanya dengan minum susu saja Bunda agar hidup kita menjadi sehat?

Ibu : tentu saja tidak Ubay, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, halal dan toyyiban demi menjaga karunia nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita. Nah Ubay juga perlu tahu bahwa Rasulullah juga mengkonsumsi susu, diantaranya susu sapi, susu unta dan susu kambing, Susu yang paling Rasulullah sukai adalah susu kambing.

Ibu : ayo lekas habiskan makanan dan minuman mu, jam sudah menunjukkan 06.30 agar kita lekas pergi ke sekolah (pergi ke sekolah dengan berjalan kaki, berangkat lebih pagi karna jarak sekolah dari rumah sekitar ± (700m )

Ubay : baik Bunda

 

Ubay dan Ibunya menuju ke sekolah dengan berjalan kaki, tetapi di tengah perjalanan sekitar ±500 meter dari rumah mereka yaitu di Jl.kebantenan kec. Cilincing, Ibu Ubay (sebut saja Bunda Rani ) melihat ada seorang anak kecil (Nia) sedang menangis seorang diri, kemudian mereka menghampiri anak tersebut dan menanyakan dimana Ibunya? Nia menunjuk ke arah rumah dan berjalan menuju rumah tersebut. Kemudian Bunda Rani mengetok pintu.

Bunda Rani : tok..tok…assalamu a’laikum

Dari balik pintu seorang wanita menjawab (bunda Risma, ibu dari Nia) : wa’alaikum salam, oalah bunda Rani mari silahkan masuk

Bunda Rani : terimakasih bunda, dan berjalan menuju ruang tamu, ia melihat beberapa kaleng Kental Manis diatas meja di ruang tamu

Bunda Rani : Waaah Kental Manis rasa susu sebanyak ini apakah untuk membuat kue atau minuman Bunda?

Bunda Risma : Tidak Bun ini susu untuk Nia, dia sangat menyukainya makanya setiap pagi Nia selalu meminta minum susu sebelum sarapan, tetapi saya tidak memperbolehkan minum susu sebelum sarapan, makanya Nia selalu menangis setiap pagi.

Bunda Rani : Menurut informasi yang saya dapat kental manis rasa susu itu bukan susu tetapi kental manis, dan hanya untuk di oles dan sebagai pengganti gula seperti untuk campuran untuk kue, minuman jahe atau es kelapa. Coba Bunda Risma perhatikan, dengan sering mengkonsumsi kental manis rasa susu maka gigi Nia gerepes dan badannya menjadi kurus.

 

Ditengah perbincangan mereka terdengar keruman orang yang berada tak jauh dari rumah Bu Risma, orang-orang tersebut sedang mengelilingi Kenta yaitu kental manis rasa susu yang sedang menginformasikan kandungan, manfaat dan bahayanya jika mengkonsumsi kental manis rasa susu. Karena penasaran Bunda Risma, Bunda Rina dan anak-anaknya pun menghampiri keruman tersebut Kenta (panggilan dari kental manis rasa susu) : “ Ibu-ibu, Bapak-bapak silahkan merapat di pagi hari ini saya akan membagikan informasi bagaimana cara mengkonsumsi kental manis rasa susu dengan baik dan benar”, sambil menunjukkan poster berisi gambar-gambar.

Kenta : Lihat pada gambar ini sambil menunjuk pada gambar, ini adalah kental manis rasa susu, ia tinggi kandungan gulanya, sekali saji ada 20gr gula didalamnya dan memiliki kandungan kalori sebesar 180 kkal dengan rincian 67% karbohidrat, 30% lemak, dan 3% protein. Sedangkan 1 gelas susu sapi segar memiliki 146 kkal kalori dengan 49% lemak, 30% karbohidrat, dan 21% protein.Ibu- ibu dan semua yang ada disini bisa hitung berapa banyak gula yang dikonsumsi anak-anak dalam sehari di kali 1 bulan dikali 1 tahun, belum lagi anak-anak suka mengkonsumsi makan seperti permen, cokelat serta minuman atau makanan yang di tambahkan gula? Pada dasarnya, setiap anak membutuhkan asupan gula untuk menunjang tumbuh kembangnya, namun jika anak mengonsumsi gula berlebihan hal itu akan membahayakan mereka. Nah bahaya yang di timbulkan jika berlebihan mengkonsumsi gula yaitu kerusakan organ, kandungan gula tinggi, menyebabkan batuk dan obesitas. Agar lebih pastinya Ibu-ibu dan semua yang ada disini bisa liat dikemasan kental manis rasa susu.

 

Setelah Kenta menjelaskan manfaat serta bahaya yang di timbulkan jika kelebihan mengkonsumsi gula, Ibu-ibu dan yang lainnya akhirnya tersadar bahwa kita harus pintar dan teliti dalam memberikan

makanan dan minuman kepada keluarga terutama kepada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan,

Bunda Risma : astaghfirullah, saya sudah salah dalam memilih susu untuk anak saya, terimakasih banyak bunda Rina terutama kepada Kenta (sebutan dari kental masnis rasa susu) yang sudah memberikan informasi yang sangat penting,sehingga saya bisa mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sebelum terlambat.

Bunda Rina : Sama-sama Bunda, baiklah waktu sudah cukup siang saya akan mengantarkan anak saya ke sekolah dulu

Bunda Risma : tunggu sebentar Bunda, ia mengambil kental manis rasa susu dan memberikannya untuk Bunda Rina dan mengatakan Bunda ini untuk Bunda dan selebihnya bisa diberikan ke anak- anak disekolah kebetulan saya punya stok roti tawar banyak dan berbagai macam buah-buahan segar yang sudah di potong

Bunda Rina : baiklah terimakasih bunda, nanti saya akan berikan kesekolah tempat anakku belajar.

Bunda Risma : Mari saya antarkan karena jika dibawa sendiri pasti sangat berat

 

Bunda Rina, Bunda Risma dan Ubay pun akhirnya sampai di sekolah PAUD AZIZAH yang terletak di JL.Cilincing Bhakti VI kec.Cilincing Jakarta Utara tempat di mana Ubay menimba ilmu. Ubay masuk kedalam kelas dan bunda Rina serta Bunda Risma menuju ke kantor untuk memberikan roti tawar, kental manis rasa susu dan buah-buahan segar.

 

Waktu istirahat pun tiba anak-anak bermain di halaman dan ibu guru menyiapkan roti tawar dan sup buah segar untuk anak-anak. Dan salah satu Guru di PAUD AZIZAH meminta anak-anak untuk berbaris dan mengatakan “Siapa yang mau makanan dan minuman yang segar?” Anak-anak pun menjawab “Saya Bu” anak-anak menjawab serentak,

Bu Guru : silahkan berbaris, kemudian anak-anak pun berbaris dengan rapi setelah mereka mendapat makanan dan minumannya tiba-tiba datang lah kenta (kental manis rasa susu) dan anak-anak bersorak gembira yey ada susuku, aku suka sekali. Kenta hanya tersenyum dan bergegas menghampiri anak- anak, “Wah apa yang kalian makan?”, “Roti tawar rasa coklat” jawab anak-anak serentak

 

Kenta : terus apa yang kalian sekarang minum?”Es buah”jawab anak-anak serentak

Kenta : enak tidak?”Enak, lezat”, jawab ank-anak serentak

Kenta : Nah teman-teman perlu kita tahu bahwa kental manis rasa susu ini (sambil menunjuk kaleng tersebut) itu bukan untuk diminum setiap hari tetapi kental manis rasa susu ini hanya untuk campuran makanan atau minuman agar lebih enak dan manis, Seperti halnya makanan yang sedang kalian makan dan minum, apakah itu?

Anak-anak : “Roti tawar dan es buah kak” (jawab serentak)

Kenta :ya betul, kental mais bisa dioleskan ke roti tawar dan untuk campuran es buah, “Jadi teman- teman tidak boleh mengkonsumsi kental manis rasa susu ini sebagai susu kalian ya!!!”, “Kenapa?”, “Ada yang tau?”

Anak-anak menggelengkan kepalanya…. kental manis rasa susu ini bisa merusak gigi kalian karena mengandung banyak gula ( coba liat gigi nya yang pada reges), dan juga menyebabkan obesitas atau kegemukan. Ok sekarang teman-teman tahu ya manfaat kental manis rasa susu itu untuk apa? Coba siapa yang berani jawab nanti Kaka Kenta beri hadiah? Saya jawab Rian : “Untuk es buah kak”

Kenta : ok betul sambil memberikan hadiah kepada Rian, “Siapa lagi yang bisa jawab kental masnis rasa susu untuk apa?” saya jawab agnes : “Untuk buat kue Kak”

Kenta : betul siapa namanya? Agnes Kak, ok Agnes kemari ini hadiah untuk Agnes.

Nah sekarang teman-teman sudah tau ya bahaya dan manfaat dari kental manis rasa susu, “Nanti setelah pulang sekolah beritahukan ke mamah nya masing-masing ya, agar tidak meminum kental manis rasa susu”. “Konsumsilah susu karna Kombinasi kandungan di dalam susu yaitu kalsium, kalium, protein, dan vitamin lainnya mendukung pertumbuhan tulang serta menjaga kesehatannya. Pertumbuhan  dan  kesehatan  tulang  yang  terjaga  sejak  dini  akan  menurunkan  risiko  osteoporosis di kemudian hari”. Anak-anak pun menjawab “Dadah Kaka Kenta sampai berjumpa lagi…”

– KIKI RISTINA

Note REFERENSI

 

http://www.haibunda.com http://www.dream.co.id http://hellosehat.com http://www.replubika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top