ANAK SEHAT MINUM SUSU FORMULA

“ Hai kenalkan aku si susu kental manis.

Susu favorit untuk keluarga 

Rasaku manis dan lezat

Nah itu dia anak yang paling suka minum susu kental manis

Lihat, badannya gemuk dan sehat

Orang tua mana yang tidak suka anaknya gemuk

Itu karena setiap hari, Rama selalu minum susu kental manis “ bangga si kental manis 

“ Rama, ayo dihabiskan susunya “ kata bunda 

“ Ya bunda “ sahut Rama

‘ Nah gitu donk Rama biar badan kamu kuat dan pintar “

“ Ayo berangkat sekolah nanti terlambat loh “ seru bunda

 

Setiap hari Rama minum susu kental manis sehari bisa 3 kali lebih, wah sudah kaya obat yah.

“ Hehe “ si susu kental manis tertawa senang

 

 Itu Arfan dia satu sekolah dengan Rama

Badannya sehat, tidak gemuk, lincah dan riang 

Arfan senang membaca buku dan tentunya dia suka sekali bermain bola

Untuk menunjang aktivitasnya, setiap hari Arfan rajin minum susu. Susunya, susu formula susu pertumbuhan untuk anak seusianya.

 

Suatu pagi yang cerah seperti biasanya anak anak berangkat pergi ke sekolah, Di sekolah ramai sekali orang tua yang mengantar anak nya ke sekolah.

 

 “ Wah Rama tambah gemuk aja lucu banget sih kamu, gemesin “ celutuk salah satu wali murid

“ Bisa aja jeng ini “ seru bunda Rama

“ Bunda 2 hari lagi kan sekolah mau ada kegiatan Lomba, jangan lupa daftar anaknya yah bunda “  kata bunda Sandra komite sekolah

“ Hadiahnya lumayan loh “ sahutnya kembali

“ Wah ikut yukk “ kata ibu yang berjilbab merah

“ Yuk kita daftar “ seru ibu yang lainnya 

 

“ Asyik ada lomba pasti Rama menang lihat saja badannya super sehat, Hmmm ini pasti gara gara rajin minum Susu kental manis sudah pasti semua dikalahkan “ sambil menyombongkan dirinya si susu kental manis tersenyum

“ Eits jangan sombong dulu kental manis, kan perlombaannya masih besok  “ seru si susu formula

 “ Baiklah, kita lihat saja nanti, wha.. ha..ha sudah tentu Rama pasti menang “ tawa si susu kental manis.

 

Tibalah hari pertandingan yang ditunggu tunggu. Seluruh siswa, guru, orang tua murid dan tamu undangan hadir di lapangan sekolah. Suasana ramai dan meriah. Acara pertandingan hari ini terdiri dari lomba lari estafet beregu, memindahkan bola, lomba menyanyi dan lomba tari kreasi guru. Pertandingan hari ini adalah perlombaan lari estafet beregu. Satu tim regu terdiri dari enam anak. Lari estafet atau lari sambung merupakan olahraga yang dilakukan beregu dan setiap pelari harus memindahkan tongkat atau baton dari pelari pertama hingga terakhir sampai mencapai garis finish.

“ Ayo Arfan semangat “ kata bunda 

Arfan dan tim regunya siap di tempat garis start begitu juga dengan Rama dan timnya. Mereka tampak semangat untuk dapat memenangkan lomba estafet.

“ Satu … dua .. tiga, mulai “ teriak panitia lomba

Peserta lomba lari estafet berlari dengan semangat, memberi tongkat kepada peserta lainnya lalu mereka bergantian membawa tongkat hingga menuju peserta akhir. Tibalah giliran Arfan yang merupakan peserta terakhir, Lihat, Arfan berlari dengan kencang menuju garis Finish dan akhirnya memenangkan lomba lari estafet. 

 

Tunggu dulu bagaimana dengan tim Rama yah ?

 

Dari jauh Rama berlari dengan terseok seok dan napasnya tersengal sengal. Rama juga beberapa kali berhenti guna mengatur napasnya. Sepertinya itu karena tubuhnya yang semakin hari makin gemuk. Dengan susah payah Rama berhasil menuju garis Finish.

“ Aduh anak bunda, kok bisa kalah sih ?” tanya bunda sambil menghampiri Rama yang sibuk mengatur napasnya.

“ Maaf bunda, tapi badan Rama capek dan susah sekali berlari “ jawab Rama sambil meringis kesakitan

“ Dada Rama juga sesak sekali bunda “ ujar Rama

“ Ada apa dengan Rama, bunda ? “ tanya bunda arfan

“ Rama mengeluh capek, susah sekali berlari dan sesak napasnya, padahal saya selalu berikan makanan enak dan minum susu setiap hari “ jawab bunda Rama

 

Dari kejauhan terlihat Bapak Nur dan Ibu Ana menghampiri. Bapak Nur adalah seorang dokter anak yang juga merupakan salah satu donator tetap yayasan.

“ Masih sakit Rama, ayo istirahat dulu “ kata Ibu Ana 

“ Wah ini sepertinya Rama kelebihan berat badan, apa makanan dan minumannya terlalu berlebihan ya bunda “ sahut Pak Nur

“ Rama konsumsi makanan sehat dan minum susu kental manis pak Dokter” jawab bunda Rama

“ Oh, pantesan bunda apa bunda tahu kalau susu kental manis itu bukan susu yang boleh dikonsumsi seperti susu lainnya. Selama ini kita merasa susu kental manis itu susu, sama seperti susu yang lain tapi kenyataannya susu kental manis itu bukan susu. Susu kental manis hanya mengandung gula yang cukup tinggi yang tidak lain hanyalah sirup beraroma susu. Jika meminum atau memakan yang mengandung kadar gula yang terlalu tinggi dan itu dilakukan setiap hari, maka anak akan kecenderungan menderita obesitas atau penyakit lainnya. Obesitas merupakan salah satu faktor dari munculnya berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, pembuluh darah, ginjal, saluran cerna, hingga gangguan pada kesehatan mental. Konsumsi Susu Kental manis pada anak juga berisiko menyebabkan masalah gigi termasuk berlubang dan sakit gigi. Khususnya apabila orang tua kurang memperhatikan kebersihan mulut dan gusi anak. 

Pemberian susu kental manis pada anak usia lima tahun bisa saja dipertimbangkan. Namun bukan sebagai susu melainkan pemanis khususnya toping dalam camilan, seperti membuat roti tawar diolesi dengan susu kental manis atau membuat sup buah,  juice atau lainnya. Susu kental manis hanya pemanis yang beraroma susu bukan susu untuk pertumbuhan dan perkembangan Perhatikan juga pola makanan anak, apakah bergizi atau makan makanan yang mengandung garam, gula dan lemak yang berlebihan itu tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Dan jangan lupa untuk berolahraga teratur seperti lari, main sepeda, main bola dan aktivitas lainnya yang berguna untuk membakar lemak yang berlebihan dan tentunya dapat bersosialisasi dengan teman temannya.” sahut Pak Nur

 

“ Nah sekarang Rama ganti susunya dengan susu formula yang khusus dibuat untuk pertumbuhan anak sesuai usianya, jangan lupa kurangi makanan yang manis, asin dan banyak lemak” kata ibu Ana sambil membelai rambut Rama dengan kasih sayang

 

“ Dan satu lagi bunda jangan lupa untuk berolahraga biar bisa ikut lomba lari lagi bareng aku “  canda Arfan sambil tersenyum kepada Rama 

“ Siap Arfan “ sahut Rama tertawa

 

Si susu kental manis pun kecewa karena Rama kalah, dan menyadari bahwa susu kental manis bukanlah susu pertumbuhan namun melainkan hanya sebagai pemanis pada makanan dan minuman.

 

“ Sudah tentu yang menang Susu Formula, Susu Pertumbuhan yang membantu anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai tingkatan usianya “ sahut Si Susu Formula sambil tersenyum lebar.

– ADE LIANA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top