Workshop Aku Ibu Bijak, Kerjasama Yaici bersama dengan Yayasan Karakter Eling Indonesia (YKEI) dan Komunitas Menata Keluarga (eMKa)

Menindak lanjuti Webinar Membangun Karakter Kesadaran Gizi Keluarga melalui Mindful Parenting,  yang menginspirasi pola asuh yang Eling / Mindful bagi keluarga khususnya pada anak sejak usia dini. Yaici bersama dengan Yayasan Karakter Eling Indonesia dan Komunitas Menata Keluarga mengadakan kegiatan pendampingan dengan Praktik konsep Mindful Parenting khususnya untuk Anak Usia Dini. Melalui Workshop yang bertema “Aku Ibu Bijak”.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat 12 November 2021 dari pukul 10.00 hingga 15.00. Dengan dihadiri 20 kader kesehatan baik dari background guru PAUD, guru TK, hingga kader posyandu.

 

 

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Harian Yaici, Arif Hidayat SE., MM dan dipandu oleh Yuli Supriati Bidang Advokasi Yaici.

 

Sesi pertama workshop dimulai dari pukul 10.00 hingga 12.00 yang diisi oleh Melly Amaya Kiong, Founder Komunitas Menata Keluarga (EMKA). Pada sesinya Melly memberikan materi mengenai  Mindful Parenting dimensi 1 & 4 Praktek Komunikasi Berkesadaran Serta Adil dan Bijaksana

 

Sesi kedua dilanjutkan setelah isoma yaitu pukul 13.00 hingga 15.00. Pada bagian pertama sesi diisi oleh Ir. Yusri Heni Nurwidi Astuti, M.Eng, Ketua Yayasan Karakter Eling Indonesia (YKEI) yang memberikan materi mengenai Mindful Parenting dimensi 2 & 3 Praktek Tidak menghakimi dan Pengendalian Emosi.

 

Lalu dilanjutkan dengan bagian kedua yaitu Herlani Pandojo, Psi, Praktisi Mindful Parenting, yang memberikan materi mengenai Mindful Parenting dimensi 5 Praktik Welas Asih.

 

Mindful parenting merupakan pola asuh anak oleh orang tua dengan kesadaran penuh dengan tujuan untuk membentuk kebiasaan yang baik pada anak baik pola makan maupun pola tingkah laku.

 

Melihat antusias peserta yang mengikuti workshop ini dengan banyaknya pertanyaan dan konsultasi mengenai masalah anak masing-masing alhamdulillah workhop yang diadakan Yaici ini berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat bagi semua peserta yang mengikuti.

 

Dari worshop ini dapat disimpulkan bahwa, “Ternyata menjadi ibu bijak itu kita bisa lakukan asal kita mau mendengarkan dengan penuh penggertian, tidak menghakimi, pengendalian emosi diri, adil dan bijaksana dan terakhir welas asih. Kalau kita mau merubah pola asuh kita kepada anak pasti kita bisa”.

 

Selepas woshop ini akan ada pendampingan selama 21 hari oleh kader dan para supervisor yang ahli dibidangnya terutama bidang mindful parenting. Kegiatan pendampingan ini akan dimulai pada hari Senin 15 November 2021 hingga hari Minggu 5 Desember 2021.

Kegiatan pendampingan selama 21 hari ini ditujukan untuk mengubah pola asuh ibu yang mindful parenting terhadap anak untuk membentuk kebiasaan yang baik yang dilakukan tanpa putus selama 21 hari. Selama pendampingan 21 hari nantinya juga akan ada konsultasi online secara berkala untuk menceritkan perkembangan anak dan perubahan pola makan anak.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat membentuk anak-anak yang sehat, bahagia, cerdas dan berakhlaq mulia sehingga dapat bersaing di luar. Pun juga agar para ibu yang memiliki permasalahan dalam mengasuh anak-anak dalam pola makan dan tingkah laku dapat segera merubah pola asuh makan dan asuh yang kurang baik dan pas dapat segera diluruskan sesuai dengan praktek mindful parenting yang memberikan apa yang anak butuhkan dengan perkembangan zaman yang ada. Aamiin Yarobbal Alamin…

Workshop “Aku Ibu Bijak” dapat diakses full videonya di chanel youtube Sahabat Yaici di:

“Aku Ibu Bijak – Sesi 1”

“Aku Ibu Bijak – Sesi 2”

Paparan materi bisa klik pada link ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top