Study banding YAICI ke RBU Tangerang

 

Dalam rangka pengembangan usaha daur ulang plastik, Yayasan abhipraya insan cendikia melakukan study banding ke RBU Tangerang. Tim yaici melakukan diskusi bersama pengurus koperasi mba leha dan ibu Lily. Daur ulang plastik merupakan bisnis masa depan yg akan berkembang seiring dengan berkembangnya industri makanan dan minuman dalam kemasan.

RBU “Reksa Buana Utama” Merupakan koperasi yang menjadi mitra binaan Danone – AQUA. Bermula dari 2013, perusahaan AMDK ini membina para pemulung di daerah Tangerang Selatan. Dari yang sekedar mengumpulkan barang-barang bekas, akhirnya menjadi komunitas yang mampu mengembangkan bisnis.
Di RBU, sampah terutama plastik melalui sejumlah tahapan, diantaranya pemilahan berdasarkan jenis plastik, pembersihan kemudian digiling hingga menghasilkan cacahan plastik. Hasil cacahan ini kemudian dikirim ke sejumlah pabrik dan industri untuk diolah kembali menjadi barang baru seperti tekstil ataupun produk berbahan plastik lainnya seperti ember, baskom dan lain-lain.
Setiap harinya, RBU menampung 4-5Ton kemasan plastik yang berasal dari Jabodetabek dan Kepulauan Seribu, yang setelah diolah menghasilkan 4-7 ton cacahan plastik. Dengan luas lahan produksi 2.500m2, RBU “Reksa Buana Utama” Memiliki 40 karyawan 250 mitra dan setiap bulannya mampu menghasilkan omset puluhan juta rupiah perbulan.

 (adm ganteng)

Posts created 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top